PT Telkom Seleksi Ketat Advisor Buyback Saham SingTel

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Telkom Tbk akan menunjuk advisor untuk melancarkan aksi pembelian kembali (buy back) saham Singapore Telecom (SingTel) di Telkomsel.

Buyback saham sebesar 35 persen itu menjadi amanah dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) operator telekomunikasi plat merah tersebut.

“Kami akan melakukan seleksi terbatas (beauty contest) untuk memilih advisor. Satu dari lokal dan asing kemungkinan ada dua atau satu,” ungkap Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah di Jakarta, Kamis (15/9/2011).

Rinaldi mengungkapkan, advisor  lokal telah ditentukan yaitu  Bahana Sekuritas. Sementara pihak asing masih akan dipilih antara  dari  Amerika Serikat dan Eropa.

“Proposal yang masuk ke Telkom untuk menjadi advisor sebanyak 8 perusahaan. Nanti segera dipilih,” jelasnya.
Bila advisor telah ditunjuk, nantinya akan bekerja untuk melakukan valuasi Telkomsel. Sebelumnya, diperkirakannya, nilai dari Telkomsel dibawah dari Telkom dimana equitasnya mencapai Rp 44 triliun.

 “Hasil dari valuasi itu akan dijadikan bahan untuk berdiskusi ke SingTel. Sejauh ini kita sudah memberitahukan secara informal ke SingTel niat untuk melakukan buyback,” katanya.

Hal lain yang akan dilakukan ke Telkomsel adalah penambahan jumlah direksi yang segera akan diumumkan pada bulan ini. “Jumlah direksi sudah disetujui oleh SingTel untuk ditambah dari lima menjadi 8. Jabatan Chief operating Officer (COO) seperti yang selama ini diisukan tidak ada. Untuk firm-nya nama-nama dan pos yang baru ditunggu saja,” katanya.