All New Daihatsu Sirion Matik-Manual Sama Enaknya!

JAKARTA – Saat test drive All New Daihatsu Sirion yang berlangsung Rabu (6/7/2011), para awak media diberikan kesempatan untuk mencoba model transmisi manual dan matik. Adapun lokasi yang dituju adalah Vehicle Logistic Center PT. ADM di Sunter – DSO Cabang Bintaro – Central Park – Mall Kelapa Gading dan kembali ke Vehicle Logistic Center PT. ADM.

Pada kesempatan pertama, Okezone disodori Sirion matik. Rasa nyaman pun menyeruak kala melibas kemacetan di kawasan Pondok Indah menuju mall di Jakarta Barat tersebut. Perpindahan gigi sangat halus dan bertenaga ditambah lagi dengan sistem Electric Power Steering (EPS) dibatang setir, Sirion pun dengan luwes meliuk-liuk.

 
Usai dari mall tersebut, rombongan menuju lokasi terahir yang berada di wilayah Kelapa Gading. Setiap jurnalis pun diwajibkan bertukar mobil, begitu juga okezone yang kini bersiap menjajal transmisi manual Sirion teranyar tersebut.
 
“Tarikan enteng, cuma pedalnya kecil bro.” bisik partner test drive okezone yang berasal dari surat kabar harian Seputar Indonesia.
 
Penasaran dengan bisikannya tersebut, okezone coba membuktikannya. Sepakat! Okezone juga merasakan hal tersebut, pedal gas, rem dan kopling kecil sehingga sedikit kurang nyaman saat ditekan. Rasa kurang nyaman juga kami rasakan pada tuas persneling.
 
Namun rasa itu sirna dengan tenaga yang dihasilkan mesin 16-valve DOHC, VVTi berkapasitas 1.298 cc tersebut. Untuk ukuran city car, Sirion terbaru cukup gesit.
 
Meski melaju cepat dipermukaan yang tidak rata suspensi mampu bekerja dengan sangat baik sehingga meningkatkan segi kenyamanan berkendara. Terlebih lagi adanya peredam yang mampu mereduksi suara masuk kedalam kabin.
 
Pada sistem pengereman pun bisa dibilang yahud, ketika dicoba untuk rem mendadak piranti ini bekerja sangat responsif. Dengan kemampuan seperti ini, mobil yang akan resmi diluncurkan pada akhir tahun ini rasanya mampu bersaing dengan city car lainnya. Kita tunggu saja!(zwr)