All New Picanto Lincah dan Bertenaga

TANGERANG – PT. Kia Mobil Indonesia (KMI) mengajak insan pers menguji performa All New Picanto. Adapun lokasi yang dituju dalam test drive kali ini menuju Showroom KIA Bintaro lalu Telaga Sampireun, Bintaro.

 
Sebanyak 12 unit Picanto terbaru disiapkan KMI untuk mengangkut puluhan wartawan. Okezone mendapat urutan nomor sembilan dengan mobil warna hitam. Mengambil start di Hotel Gran Melia, Jakarta, iring-iringan pun bergerak menuju tol dalam kota. Kondisi jalan cukup ramai lancar, dengan tubuh mungilnya Picanto begitu lincah melibas jalan raya Ibu Kota.
 
Masuk ke dalam jalan bebas hambatan, pedal gas pun ditekan lebih dalam. Akselerasi begitu terasa dan perpindahan gigi pun terasa halus. Hal ini terjadi karena dibawah kap Picanto terdapat mesin Kappa 4 silinder Dual CVVT DOHC berkapasitas 1.248cc. Mesin generasi terbaru ini mampu menyemburkan tenaga hingga 87 ps pada 6.000 rpm dan torsi 12.3 kg.m pada kisaran 4.000 rpm.
 
Generasi kedua dari Picanto ini memiliki dimensi lebih panjang dari model sebelumnya, kini panjangnya mencapai 3,6 meter dan wheelbase lebih panjang 15mm. Meski begitu, Picanto tetap lincah dan stabil dikendarai.
 
Sistem suspensi juga memberikan kontribusi cukup besar dalam segi handling. Suspensi depan menggunakan MacPherson strut with stabilizer dan dual tube gas shock absorber. Sementara belakang mengadopsi Torsion Beam with gas absorber yang telah diperbarui.
 
Jalan beriringan selama perjalanan membuat kami sangat berhati-hati dalam menjaga jarak. Namun sistem pengereman yang terdapat pada Picanto membuat kami merasa aman. Sebab, sistem pengeremannya telah diperbarui pada sistem booster yang tadinya 8 inci menjadi 9 inci. Dalam kecepatan 100 km/h hingga keadaan berhenti Picanto hanya membutuhkan jarak 41 meter.
 
All New Picanto di banderol Rp125 juta untuk versi transmisi manual sedangkan otomatis dipatok Rp139 juta (on the road Jakarta).(zwr)