New Captiva 6-Speed tapi Lebih Irit

MATARAM – Varian SUV memang sedang naik daun di pasar automotif nasional. PT General Motors (GM) Indonesia melihat hal tersebut sebagai peluang untuk kembali meluncurkan SUV teranyar New Captiva.

Bagaimana spesifikasi lengkap New Captiva ini? Chevy Cavtiva mengusung mesin bensin 2.4 L berkonfigurasi empat silinder segaris lewat tehnologi Double Overhead Camshafts (DOHC) dengan Double Continuously Variable Cam-Phasing (DCVCP).

Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 171 PS pada 6.400 rpm dan torsi maksimum sebesar 225 Nm pada 4.800 rpm. Tenaga ini disalurkan ke roda melalui transmisi GM Tiptronic (Khusus AT) 6 percepatan. Top speed diklaim mencapai 175 km/jam.

Mesin ini juga memiliki fitur ECO (khusus AT), dimana dapat diprogramkan untuk membantu menghemat konsumsi bahan bakar. Fitur ECO dapat di non-aktifkan melalui sebuah tombol di sebelah tuas transmisi.

“New Captiva kembali dikembangkan untuk kebutuhan keluarga modern yang dengan segala kelebihannya tetap ingin berpetualang ke daerah terpencil, namun tetap ingin berkendara dalam kondisi yang mewah dan nyaman. Pengendalian Captiva pada kondisi jalan yang bervariasi tidak ada duanya. Kami yakin Captiva akan naik ke level yang lebih baik,” jelas Marcos A. Purty, Presiden Direktur  PT GM Indonesia.

Suspensi New Captiva terdiri dari independen Macpherson pada bagian depan, dan multi-link independen pada bagian belakang, dikembangkan untuk meningkatkan performa berkendara dan berkemudi tanpa mengorbankan kenyamanan.

GM melalui Service Manager Rico Lianggi menegaskan mobil ini tidak akan terguling meski melibas tikungan tajam dengan kecepatan tinggi. Suspensi depan mendapat perubaham 35 mm dari 25 mm pada varian sebelumnya. Sementara bagian belakang naik menjadi 25 mm dari 16 mm. New Captiva tersedia dalam sistim penggerak roda depan (front-wheel drive).

Keamanan juga tetap menjadi prioritas pada New Captiva dengan menghadirkan sistim keamanan aktif dan pasif meliputi standar dual front airbags, rem dengan sistim rem ABS, distribusi tenaga rem secara elektronis (EBD), dan juga sistem suspensi self-leveling (Self-Levelizer).

Warna yang tersedia untuk New Captiva di Indonesia terdiri dari Auburn Brown, Alphine White, Black Sapphire, Royal Gray dan Sterling Silver. New Captiva akan diluncurkan ke publik untuk pertama kalinya di Jakarta pada ajang Indonesia International Motor Show 2011. Untuk harga yang ditawarkan GM belum mau membocorkannya. Tapi kisaran New Captiva ada di bawah Rp350 juta.

(fmh)