Suzuki Hayate 125 Pakai Teknologi Terkini

SAAT mengikuti acara test drive yang digelar PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terhadap produk terbarunya, Suzuki Hayate 125 pada beberapa waktu lalu, tim Autos merasakan tenaga cukup responsif pada skutik yang dibintangi pesebakbola Irfan Bachdim ini.

Ternyata, PT SIS mengasup teknologi mutakhir pada skutik generasi terbaru Suzuki Skywave tersebut. Seperti diketahui, Hayate dibekali Mesin 4 langkah SOHC berkapasitas 125cc.

Dengan memakai teknologi Suzuki Composite Electrochemical Material (SCEM) pada blok mesin, dapat meminimalisir gesekan serta meringankan bobot silinder agar kinerja mesin lebih efisien dan tahan lama.

Selain itu, sisi transmisi juga memakai sistem Super CVT (Continuous Variable Transmission) untuk akselerasi lebih halus tanpa hentakan. Pantas saja saat selongsong gas dibuka Hayate tidak langsung lari seperti skutik pada umumnya. Namun saat masuk putaran tengah, tenaga Hayate 125 secara responsif langsung melonjak cepat hingga putaran atas.

Untuk mendukung performa, Suzuki mengadopsi box udara berukuran besar. Dengan ukuran box udara yang lebih besar, maka dapat meningkatkan debit udara yang masuk ke ruang bakar sehingga akselerasi cepat meningkat hingga top speed.

Usai digeber seharian, panas pada mesin sangat cepat dingin. Hal ini terjadi karena pabrikan berlambang “S” ini memakai teknologi Suzuki Jet Cooling System (SJCS) agar pendinginan mesin lebih optimal.

Hayate 125 tergolong skutik irit dalam mengonsumsi bahan bakar dan ramah lingkungan. Ini terjadi karena adanya sistem Pulsed Secondary Air Injection & Catalytic Converter (PAIR) yang berfungsi menekan gas buang sehingga lebih ramah lingkungan sesuai standar Euro 2. (tty)