Telkom Gandeng eBay Besarkan Plasa.com

REPUBLIKA.CO.ID, Perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, PT Telkom bekerjasama dengan PT Multimedia Nusantara (Metra) dan eBay sepakat mendirikan usaha patungan bernama PT MetraPlasa. Anak usaha ini akan meningkatkan bisnis e-commerce di Indonesia melalui situs e-commerce Plasa.com.

Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah mengatakan Telkom dan eBay bersama-sama memberikan layanan e-commerce terbaik melalui kemudahan akses dari pelanggan Telkomsel. Rinciannya di antaranya 15 juta pelanggan Flexy, dan akses lain yang disediakan Telkom Group.

“Masyarakat lokal dan internasional dapat mengakses produk-produk yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” katanya saat dijumpai Republika di Pasific Place Jakarta, Senin (16/4). Kemitraan Telkom dengan eBay menjadi bagian dari perubahan portofolio bisnis Telkom. Semula informasi dan komunikasi, menjadi telekomunikasi, informasi, media, dan edutainment (TIME).

Pertumbuhan tersebut merupakan kontribusi dari pendapatan layanan broadband sejalan dengan peningkatakan pelanggan Speedy, Flash, dan Blackberry dari Telkomsel. Kecenderungan layanan daya yang terus meningkat itu maka pendapatan yang diperoleh dimasa mendatang memberi kontribusi berarti terhadap pertumbuhan Telkom Group.

Dijumpai bersamaan, Senior Vice President eBay untuk kawasan Asia Pasifik Jay Lee memaparkan kerjasamanya dengan Telkom harapannya meningkatkan pengalaman belanja online di Indonesia. Khususnya bagi mereka yang ingin melakukan transaksi jual beli produk lokal ke seluruh dunia. “Itu bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun mereka inginkan,” ujarnya.

Pengalaman eBay di pasar internasional, didukung platform online market yang dimiliki eBay, kata Lee, nantinya akan mendorong peningkatan aktivitas e-commerce di Indonesia. Lee mencontohan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang sangat tinggi memungkinkan akses yang lebih luas.