Honda Tarik Ratusan Ribu CR-V

LOS ANGELES – Masalah kembali dihadapi oleh Honda Motor Co Ltd. Kali ini Honda harus melakukan penarikan kembali (recall) pada varian CR-V dan SUV Pilot di Amerika Serikat. Dua varian itu mengalami masalah pada bagian lampu depan.

Seperti diliris National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) sebanyak 554.000 unit Honda CR-V model tahun 2002 dan 2004 yang ditarik, dan menyusul Honda Pilot model 2003.

 
Dua varian ini harus dikembalikan ke dealer resmi Honda, demi memastikan kondisi lampu depan. Honda mengatakan ada bagian komponen di kabel lampu yang rusak, menimbulkan resiko lampu low-beam tidak bekerja. Masalah ini dikhawatirkan meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara di malam hari.
 
Produsen mobil asal Jepang ini belum menerima laporan adanya kecelakaan karena masalah ini. Namun, pemilik Honda CR-V 2002-2004 dan Honda Pilot 2003 harus membawa kendaraan mereka kembali ke dealer, dan diperiksa jaringan kabel yang rusak di lampu.
 
Pemeriksaan dan penggantian suku cadang akan dilakukan secara gratis. Pemilik akan diberitahu sampai akhir April. Sebelumnya, Honda CR-V juga sempat direcall pada awal bulan ini karena masalah dengan handling.(zwr)