Mengintip Anatomi PureView, Ponsel 41 Megapixel

TEMPO.CO, Helsinki – Sebuah ponsel kamera 41 megapiksel? Itulah yang diperkenalkan Nokia awal pekan ini dalam ajang Mobile World Congress. Nama produk bersutan anyar Nokia ini PureView 808.

Menurut ulasan situs MSNBC.com, perangkat ini memiliki sensor 41 megapixel dengan optik Carl Zeiss. Ada juga teknologi Dolby Headphone yang diklaim Nokia bisa mengubah isi stereo menjadi pengalaman suara surround pribadi dengan setiap set headphone, serta Dolby Digital Plus untuk 5.1 saluran pemutar suara surround.

Ada beberapa kebingungan atas bagaimana fungsi kamera 41 megapixel. Secara sederhana, Nokia menjelaskan kamera adalah mengambil banyak informasi. Pada kenyataannya, Anda dapat menangkap gambar pada resolusi 5, 8, dan 38 megapiksel, namun memberikan pengguna kemampuan untuk memperbesar gambar dengan sangat detail. Jadi kasarnya, diperbesar hingga seukuran separuh dinding kamar pun, foto Anda tak bakal pecah hasilnya.

Nokia berencana untuk memindahkan teknologi PureView ke perangkat lain. Saat ini, PureView hanya tersedia pada telepon dengan sistem operasi Symbian yang baru akan menjangkau pasar Eropa pada bulan Mei dengan harga 450 euro (lebih dari USD 600).

Nokia juga mengumumkan rencana untuk memperluas lini ponsel bersistem operasi Windows, Lumia. Satu model baru yang disebut Lumia 610 diluncurkan untuk menyasar audiens yang lebih muda dan dikatakan sebagai perangkat Lumia Nokia yang paling terjangkau dengan harga 189 euro (setara USD 253).

TRIP B | MSNBC

Incoming search terms: