Bermain Capung Virtual di Dragonfly App

TEMPO.CO , Jakarta – Pernahkah Anda melihat iklan televisi yang isinya orang menangkap capung menggunakan ponsel dan tablet? Itulah jenis permainan baru buatan Samsung. Namanya MyDragonfly App.

Dalam permainan tersebut, pengguna dapat menangkap capung yang terbang di layar gadgetnya. Game ini mengadopsi teknologi Augmented Reality yang menampilkan lingkungan di sekitar pemain secara nyata plus input sensoris seperti suara, video, grafik, dan GPS.

“Jadi permainan ini tampak nyata seolah-olah capung itu berada di sekitar pemain,” kata Alven Desnecmen, Head of Mobile Phone Marketing, Samsung Electronics Indonesia, di Jakarta, Selasa, 21 Februari 2012.

Untuk bermain bersama capung virtual ini, pengguna terlebih dahulu mengunduh aplikasi MyDragonfly di SamsungApps store secara gratis. Ketika masuk ke menu utama aplikasi ini, klik-lah gambar jaring, maka gadget Anda akan ‘berubah’ fungsi menjadi alat penangkap capung.

Ketika Anda berhasil mendapatkan seekor capung, akan muncul informasi tentang capung tersebut. Terdapat beragam kategori capung Southern, Northern, Traditional Clothes (capung bersayap batik), Fruits (capung dengan teman buah-buahan), Army, dan Rainbow. Ada pula satu jenis capung bernama The King. Capung ini memiliki poin tertinggi.

Ada 50 level yang harus dilalui setiap pemain. Pada level pertama, permain harus mengumpulkan 5.000 point untuk bisa naik ke peringkat berikutnya. “Tiap capung juga memiliki nilai poin yang berbeda-beda,” kata Pambudi Baskara, Apps Manager Samsung Electronics Indonesia.

Selain jenis capung tadi, Samsung juga membuat capung ‘merchat’. Siapa yang bisa menangkap capung spesial ini dapat menukarkannya dengan promo tertentu di gerai sesuai dengan nama capung tadi.

Saat ini, Samsung bekerja sama dengan Sour Sally, Burger King, Blitz Megaplex, Kinokuniya Bookstore, Delifrance, kartu XL, dan Pongs Home Center. “Misalnya jika menunjukkan capung dengan logo Sour Sally, maka Anda dapat menunjukkannya di gerai tersebut dan mendapatkan promo tertentu,” kata Alven.

Dia menambahkan, aplikasi MyDragonfly ini dibuat khusus untuk pengguna perangkat Samsung di Indonesia. Syaratnya, sistem operasi yang dipakai minimal Android 2.3 (Gingerbread).

RINI KUSTIANI